2 Cara Reset HP Xiaomi yang Cepat dan Sederhana

cara reset

FOUNDERBIOS.COM – Proses reset sering dijadikan pilihan agar perangkat hp kembali ke pengaturan bawaan pabrik. Anda pengguna perangkat Xiaomi, sudahkah tahu bagaimana cara reset hp Xiaomi yang mudah?

Jika belum coba perhatikan beberapa cara berikut.

Jangan Lupa Cadangkan Data Terlebih Dahulu

Sebelum melakukan reset, pastikan Anda sudah membackup data dari perangkat Anda ke penyimpanan lain.

Ini karena saat proses reset, data-data di dalam perangkat akan hilang. Jadi agar Anda tidak kehilangan data tersebut, backup dulu sehingga nantinya bisa dikembalikan. Pastikan juga baterai hp masih di atas 50%.

cara reset

Cara Hard Reset HP Xiaomi

Metode atau cara reset HP Xiaomi pertama adalah melalui hard reset. Cara ini bisa dilakukan dengan masuk ke menu recovery mode. Nah, berikut adalah langkah-langkahnya.

  1. Pastikan HP Xiaomi mati terlebih dahulu.
  2. Masuk ke menu Recovery Mode Xiaomi. Cara masuknya adalah dengan menekan tombol power dan tombol volume + secara bersamaan. Sambil ditekan sambil tahan kedua tombol tersebut. Selanjutnya Anda akan masuk ke menu Recovery Mode.
  3. Pilih bahasa yang akan digunakan. Untuk menggeser pilihan, tekan tombol volume up (+) atau down (-). Sedangkan untuk konfirmasi pilihan, gunakan tombol power. Pilih saja Bahasa Inggris untuk memudahkan.
  4. Pilih pada menu ‘Wipe Data / Recovery Reset.
  5. Setelah itu pilih pada opsi ‘Wipe all data’. Konfirmasi pilihan tersebut dengan menekan pilihan ‘Confirm’.
  6. Tunggu sebentar sampai proses reset selesai. Biasanya memakan waktu kurang lebih 5 menit untuk melakukan reset.
  7. Setelah proses wipe data selesai, pilih opsi ‘back to main menu’. Di dalam menu ini akan tersedia beberapa pilihan. Pilih pada opsi ‘Reboot’ lalu pilih lagi ‘Reboot System’.
  8. Setelah itu perangkat Xiaomi Anda akan direstart. Setelah perangkat menyala kembali, tampilannya akan kembali seperti pertama kali. Aplikasi pun akan kembali seperti saat pertama kali membeli dan hanya tersedia aplikasi bawaan pabrik.

Factory Reset HP Xiaomi

Factory reset adalah cara reset HP Xiaomi selanjutnya yang bisa Anda lakukan. Jika menggunakan cara ini, maka semua data di dalam perangkat Anda akan terhapus. Karena itu, pastikan Anda sudah melakukan pencadangan data sebelumnya. Sehingga nantinya setelah proses reset selesai, data Anda bisa dikembalikan. Berikut langkah-langkahnya.

  1. Masuk ke Settings
  2. Settings di perangkat Xiaomi umumnya akan dikelompokkan ke dalam beberapa kategori. Scroll down dan temukan kategori ‘System and Device’. Nah disini Anda akan menemukan menu ‘Additional Settings’. Pilih pada menu tersebut.
  3. Dari menu Additional Settings tersebut akan ada beberapa sub menu lagi. Pilih pada opsi ‘Backup and Reset’.
  4. Setelah memilih backup and reset, berikutnya pilih pada opsi ‘Factory Reset’. Sebelum memilih opsi ini, di bagian atasnya juga ada beberapa pilihan pencadangan dan pemulihan. Jika Anda membutuhkannya, Anda bisa mengaktifkan menu ini. Jika tidak lewati saja dan langsung pilih pada opsi ‘Factory Reset’.
  5. Setelah itu Anda akan dialihkan ke tampilan berikutnya. Pada tampilan menu ini, pilih pada opsi ‘Reset Phone’ yang ada di bagian paling bawah.
  6. Tunggu sampai proses factory reset selesai. Jika sudah selesai, maka hp Xiaomi Anda akan reboot otomatis. Setelah hp Anda menyala lagi, maka tampilan dan pengaturan akan kembali ke saat Anda pertama kali membeli.

Itu tadi adalah cara reset hp Xiaomi yang bisa Anda ikuti. Proses reset ini kadang dibutuhkan untuk menghapus malware maupun virus di dalam ponsel Anda. Selain itu, juga bisa membuat performa hp kembali maksimal.

Baca juga cara unreg layanan indosat

About the Author: Randy